Keamanan Singapura Akan Segera Pulih

Maret 4, 2008 senysingapura

Singapura ( Berita ) :  Kaburnya tersangka pelaku aksi teror Mas Selamat Kastari merupakan pukulan untuk Singapura, namun keamanan di negara satu kota itu akan segera pulih dan menjadi lebih kuat pada akhirnya,” demikian diutarakan Menteri Luar Negeri Singapura George Yeo yang dikutip media massa Ahad.

Walaupun telah memperbantukan pasukan elit dan pemasangan poster berisi wajah pria buron tersangka pelaku teroris usia 47 tahundisetiap tempat-tempat umum sejumlah besar relawan juga menyatakan kesediaannya ikut serta dalam mencari informasi jejak pria yang pernah dituduh merencanakan  sebuah pesawat dan menjatuhkannya di bandar udara Changi.

Pendapat para ahli dan masayarakat luas terbagi, sebagian mengatakan Mas Selamatt Kastari masih berada di Singapura sementara sebagian lagi mengatakan pria itu telah melarikan diri dan kini ada di Indonesia.

Mas Selamat berhasil lolos dari Tempat tahanan Departemen Keamanan IDalam Negri di Whitley Road  Rabu lalu saat ia meminta ijin ke toilet.

“Petugas keamanan kami cukup tangguh dan mereka segera akan kembali pulih kepercayaan dirinya dan malah peristiwa ini akan memotivasi mereka menjadi pribadi yang lebih kuat,” kata Yeo.

“Akan ada penyelidikan yang sebagian dari hasilnya akan disamapaikan kepada masayarakat umum kami akan melakukan sebagai semestinya,” kata Yeo lagi.

Persuhaan telekomunikasi menyebar luaskan foto dari si buron dan polisi mengingatkan bagwa mereka akan melacak setiap pembicaraan  telepon pribadi di Singapura.

Atas permintaan pemerintah Singapura pekan lalu Interpol telah semua foto dan data diri ke 186 badannya yang ada didunia dan mengidentifikasi si buron sebagai ancaman potensial bagi keamanan dan keselamatan masayarakat seluruh dunia.”

Apabila Mas Selamat berhasil meninggalkan Singapura kemungkinan besar ia diperkirakan lari ke Indonesia negara tetangga terdekat. “Singapura dan Malaysia adalah lingkungan yang kurang aman baginya tetapi Indonesia adalah negara yang sangat luas dengan ribuan kepulauan ,” kata pengamat dan ahli Rohan Gunaratna dari Pusat Penelitian Kekerasan Politik dan Terorisme.

Pimpinan JI yang dikatakan merupakan jaringan teroris  dengan daerah operasi Asia Tenggara disebut sebagai pihak yang bertanggung jawa atas peristiwa pemboman di pulau Bali, Indonesia tahun 2002 yang meminta korban jiwa sebanyak 202 orang.

Mas Selamat dituduh melakukan terlibat dalam sejumlah rencana penyerangan tujuh tahun lalu yaitu rencana penyerangan ke keDubes AS, serangan ke gedung Klub AS-Singapura sebagai pembalasan atas penangkapan sejumlah rekannya.

Mas Selamat meninggalkan Singapura pada tahun 2001 setelah peristiwa penangkapan 40 orang yang diduga anggota JI.

Ia tertangkap di Indonesia sebanyak dua kali sebelum akhirnya diserahkan ke pihak singapura pada Februari 2006 dan masuk dalam tahanan bedsarakan undang-undang Kemanan Dalam Negri yang dapat menahan seseorang tanpa kejelasan lamanya penahanan dan tanpa persidangan.

Entry Filed under: Weekly News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Maret 2008
S S R K J S M
    Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
 
%d blogger menyukai ini: