Militer Singapura

Maret 25, 2008 senysingapura

Anggaran militer Singapura yang mencapai 4,4 milyar USD, jauh sekali dibandingkan Indonesia. Padahal, Singapura juga sudah memiliki industri militernya sendiri sehingga tidak bergantung pada negara negara produsen senjata. Angkatan Bersenjata Singapura (SAF) seluruhnya berjumlah 60.500 pasukan, dimana jumlah itu sudah termasuk keseluruhan 39.800 wajib militer dengan masa dinas 24 s/d 30 bulan, tetapi jangan lupa, mereka juga memiliki pasukan cadangan berjumlah 213.800 orang, jadi itu artinya mencakup seluruh penduduk dan populasi Singapura. Maka artinya, Singapura telah berhasil benar benar mengaplikasikan Total Defence War.

Mereka memiliki wajib militer yang setiap saat jika dibutuhkan setiap warga negara bisa dimobilisasi dan dipersenjatai. Maka, setiap penduduk Singapura kesemuanya telah memeiliki Registrasi Militer berikut rank kepangkatannya, sehingga suatu waktu ketika terjadi ancaman atau serangan maka di masing masing daerah atau wilayah, para penduduk/wajib militer ini sudah dapat bergabung dengan markas markas militer yang telah ditentukan. Jadi, penduduk sipil ini sudah tahu dengan jelas apa pangkat mereka, berapa banyak anak buahnya, apa tugas mereka dan bahkan, senjata mereka sudah disetor di masing masing markas. Singapura benar benar menjalankan seperti konsep Israel bahwa setiap penduduk dewasa adalah tentara sipil yang militer. Jika dibandingkan dengan Indonesia yang sampai saat ini masih saja meributkan masalah RUU Komponen Dukungan dan Komponen Cadangan.

Angkatan Darat Singapura terdiri dari 50.000 pasukan, Angkatan Laut 4.500 dan Angkatan Udara 6.000. Menarik, karena Singapura memiliki Force Abroad, yaitu pasukan pasukan yang ditempatkan di luar negeri, mereka ditempatkan bukan untuk misi-misi internasional tetapi mereka adalah pasukan SAF sendiri yang kebanyakan adalah anggota RAF (Royal Air Force) Singapura. Mereka ditempatkan di Perancis, Australia, Brunei, Afrika Selatan, Taiwan, Thailand dan Amerika Serikat dimana juga terdiri dari pesawat tempur, pesawat pengintai tanpa awak sampai dengan pesawat pengisi bahan bakar yang kebanyakan diparkir di AS. Jadi, andaikata Indonesia nekat menyerang Singapura mereka bisa melakukan serangan balik yang jauh lebih kuat dan effektif daripada yang dilakukan Indonesia karena pesawat mereka bisa sampai di wilayah Indonesia kurang lebih 30 menit saja.

Bahkan saking unggulnya PM Lee Kuan Yew pernah menyampaikan bahwa militer Singapura lebih efektif daripada militer AS, karena diperlukan 3000 sampai 6000 ahli militer AS ke Vietnam Selatan untuk membantu Presiden Ngo Dinh Diem sementara Israel hanya cukup mengirimkan 18 orang perwira untuk membuat dan mebangun SAF yang begitu hebat hari ini.

Apalagi sejak Singapura menandatangani kesepakatan satelit mata mata dengan Israel tahun 2000, bisa jadi tidak sejengkalpun area di Asia Tenggara lolos dari perhatian Singapura dan Israel. Tahun 2000 juga Singapura dengan divalitisasi Amerika menandatangani kontrak kerjasama dalam bidang satelit mata mata bernilai 1 milyar USD. Atas nasehat Israel pula Singapura memiliki dan membangun minat kuat dalam perdagangan dan kerjasama yang dibentuknya dalam 4 prinsip utama; Komando, Kontrol, Komunikasi dan Intelejen.

Entry Filed under: Militer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Maret 2008
S S R K J S M
    Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
 
%d blogger menyukai ini: