Langkah Menjadi Negara Adidaya

Juni 12, 2008 senysingapura

Kecil negaranya, besar pengaruhnya. Barangkali, itulah ungkapan yang tepat untuk Singapura. Selama ini boleh jadi kekuatan ekonomi Singapura dikenal seantero dunia. Bahkan sering pula disebut-sebut sebagai pusat keuangan di Asia Tenggara. Indikator-indikator keuangan dan makroekonomi negeri itu seringkali menjadi benchmark bagi pertumbuhan ekonomi di kawasan.
Singapura bisa menjadi salah satu kekuatan negara ekonomi Asia, pertama karena terletak di jalur perdagangan dunia. Selat Malaka, tempat di mana Singapura berada, merupakan salah satu selat tersibuk di dunia. Selain itu, Singapura memiliki sumber daya manusia yang cukup handal, terutama di bidang ekonomi.
Sejak kemerdekaan, standar kehidupan di negara Singapura meningkat secara tajam. Investor asing dan perusahaan pemerintahan dalam bidang industri telah ekonomi modern dalam sektor elektronik dan perakitan. Berdasarkan GDP (Gross domestic product), Singapura merupakan negara terkaya di dunia dalam peringkat ke 18. Meskipun Singapura memiliki wilayah dan relatif kecil, Singapura mempunyai simpanan dana cadangan sebesar US$139 miliyar. Data survei dari Mercer Human Resource Consulting menyatakan bahwa Singapura menduduki urutan ke-5 di Asia dalam standar kehidupan termahal; dan dalam urutan ke 14 di dunia.
Singapura memiliki sebuah pasar ekonomi yang maju dan terbuka, dengan PDB per kapita kelima tertinggi di dunia. Bidang ekspor, perindustrian dan jasa merupakan hal yang penting dalam ekonomi Singapura. Seperti juga Hong Kong dan Macau, pemerintah Inggris mempersiapkan Singapura menjadi sebuah wilayah yang memiliki semua fasilitas ekonomi.
Namun berbeda dengan Hong Kong dan Macau, Singapura itu adalah sebuah negara yang merdeka. Wilayah yang dibangun oleh Raffles ini, berhak menentukan nasib dan kebijakan luar negerinya sendiri. Tentunya hal itu bertumpu pada kekuatan ekonomi. Dengan dua kemampuannya itu, Singapura memiliki pengaruh di ASEAN. Pengaruh tersebut semakin terkelihat saat Asia Tenggara terserang krisis ekonomi. Ini karena Singapura mampu bertahan dengan permodalan yang mereka miliki. Semua negara tetangga selain menaruh harapan kepada pihak-pihak Barat juga menaruh harapannya kepada Singapura. Paling tidak untuk menstabilkan perekonomiannya sendiri. Dengan kemampuan di bidang ekonomi, Singapura juga diharapkan berperan besar dalam perbaikan politik kawasan ASEAN.
“Pertahanan negara”. Rasanya tidak ada negara yang menolak kalau dikatakan itu menjadi salah satu sektor penting yang perlu mendapat perhatian. Kendatipun begitu, ketika angin perdagangan bebas mulai meniup dunia beberapa tahun lalu, secara perlahan prioritas negara-negara di dunia mulai bergeser pada bidang-bidang terkait ekonomi, perdagangan, dan investasi. Apalagi, sejak 1996, dunia dan khususnya Asia Tenggara dilanda gelombang krisis ekonomi.
Namun, bagi Singapura barangkali situasinya sedikit berbeda. Pasalnya, pada masa krisis, Ia berbeda dengan negara-negara tetangganya yang mengutamakan sektor ekonomi. Singapura ternyata justru memberikan anggaran paling besar untuk sektor pertahanan dan militer. Anggaran yang mencapai miliaran dolar AS itu tidak lain untuk pembelanjaan perangkat perang, seperti tank modern, pesawat tempur, serta kapal perang.
Kalangan pengamat militer internasional menilai bahwa bagi negara yang luasnya cuma 1/15 ribu km2 dari luas Amerika Serikat itu anggaran militernya terlalu besar. Setiap tahun rata-rata anggaran militer Singapura mencapai 6 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB). Dalam tahun fiskal 2000/2001 nilainya mencapai 4,3 miliar dolar AS.
Angka itu jauh lebih besar dibandingkan dengan negara tetangganya: Thailand cuma 1,5 persen dari PDB, Malaysia hanya 2,1 persen, dan Indonesia sebesar 1,7 persen. ”Dengan anggaran itu, kekuatan militer Singapura terlihat tidak proporsional dan bisa menjadi ancaman di Asia Tenggara.

Entry Filed under: analisis menjadi negara adidaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Juni 2008
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
 
%d blogger menyukai ini: